by

Michel Platini ditahan dalam penyelidikan korupsi Piala Dunia 2022 Qatar

beritajunior.com – Mantan presiden UEFA Michel Platini telah ditahan oleh pihak berwenang yang menyelidiki kasus korupsi Piala Dunia 2022, kata jaksa keuangan Selasa.

Dia ditahan sebagai bagian dari penyelidikan atas pemberian tuan rumah ke Qatar, juru bicara Parquet National Financier yang dikonfirmasi ke Euronews.

BeritaJunior.com – Platini ditahan untuk diselidiki dalam kasus pembertian tuan rumah Piala Dunia 2022 ke Qatar

Pengacara Platini, William Bourdon, mengatakan kliennya tidak bersalah atas semua dakwaan dan bahwa ia ditanyai dengan “alasan teknis.”

Legenda sepakbola Prancis 1980-an menjabat sebagai presiden UEFA hingga 2015 ketika ia dilarang oleh FIFA karena pelanggaran. Namun, ia kemudian dibebaskan oleh otoritas Swiss atas pelanggaran kriminal.

Platini saat ini ditahan di kantor PNF di luar Paris. Organisasi ini menyelidiki kejahatan ekonomi dan korupsi dan sejak 2016 dan telah memimpin penyelidikan dalam pemberian turnamen 2022 kepada Qatar.

Ini mencari kemungkinan pelanggaran termasuk korupsi swasta, konspirasi dan menjajakan pengaruh.

UEFA menolak berkomentar, sementara pejabat dengan panitia Qatar tidak dapat dihubungi.

beritajunior.com – Pemenang tiga kali Ballon d’Or Awards dianggap sebagai salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa.

Keputusan pada bulan Desember 2010 untuk memberikan Piala Dunia ke Qatar mengejutkan banyak orang mengingat kurangnya potensi penonton lokal untuk pertandingan, cuaca musim panas yang sangat panas, dan buruknya kinerja pasukan nasional negara itu. Ini akan menjadi negara Arab pertama yang menjadi tuan rumah kompetisi.

Surat kabar Le Monde melaporkan bahwa para jaksa penuntut secara khusus mencari makan siang yang diselenggarakan oleh presiden Prancis saat itu, Nicolas Sarkozy, sembilan hari sebelum pemungutan suara yang memberikan piala tersebut ke Qatar. Platini dan Sheikh Tamim Ben Hamad Al Thani, yang adalah perdana menteri Qatar dan sekarang adalah pemimpin negara itu, adalah tamu saat makan siang.

Platini sejak itu mengakui bahwa dia mendukung Qatar atas tawaran saingan dari Amerika Serikat dalam pemungutan suara, tetapi mengatakan Sarkozy “tidak pernah memintanya”, kata surat kabar itu.

Dua pembantu Sarkozy pada waktu itu, kemudian sekretaris jenderal Elysee Claude Gueant dan penasihat Sarkozy untuk olahraga Sophie Dion, juga diperiksa oleh polisi pada hari Selasa, sumber-sumber pengadilan mengonfirmasi kepada Reuters. Dion tetap ditahan dengan Platini. Gueant adalah “tersangka bebas”, kata sumber itu.

Juru bicara Sarkozy menolak berkomentar. Seorang pengacara untuk Dion tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Di bawah hukum Prancis, tersangka dapat ditahan untuk diinterogasi hingga 48 jam.

Platini adalah striker yang produktif di tahun 1970-an dan 80-an, terutama untuk Saint-Etienne dan Juventus di Italia. Dia bermain di tiga piala dunia, menjadi kapten tim nasional ke semi final pada tahun 1982 dan 1986.

News Feed