by

Suporter Barcelona Boikot Sebuah Film yang Mengina Lionel Messi

Suporter Barcelona Boikot Sebuah Film yang Mengina Lionel Messi

Berita Bola – Lionel Messi dihina-hina dalam film bertajuk ‘Detective Chinatown 2’ dan fans Barcelona menyerukan pemboikotan terhadap film dan penulis naskahnya. Suporter Barcelona Boikot Sebuah Film yang Mengina Lionel Messi

Suporter Barcelona Boikot Sebuah Film yang Mengina Lionel Messi

Semua bermuara dari salah satu adegan yang memperlihatkan seorang aktor menggunakan jersey tim nasional Argentina bernomer punggung 10. Sayangnya sang aktor bertubuh cebol sehingga dianggap sebagai bentuk penghinaan oleh suporter di Tiongkok.

Mereka pun menyerukan boikot terhadap film tersebut di jejaring sosial khusus Tiongkok, Weibo. Padahal film ‘Detective Chinatown 2’ cukup digemari di negeri itu, meraup pendapatan Rp 4,3 triliun, seperti dikutip dari Tianjin Daily.

Bukannya membuat situasi mendingin, salah satu penulis naskah film ‘Detective Chinatown 2’, Cheng Jiake malah menambah panas suasana di Weibo.

Pasalnya Cheng mengklaim bahwa aktor cebol tersebut dimasukkan sebagai bentuk humor tambahan agar filmnya lebih lucu. Ia pun bercanda dengan berkata “Apakah Messi kakekmu?” kala diminta memohon maaf di forum diskusi internet, Zhihu.

Sontak amarah para fans Lionel Messi di negara Tirai Bambu tersebut tidak terbendung dengan merundung akun Weibo Cheng serta mengunggah komentar-komentar kontroversial sang penulis.

Salah satu unggahan fans Messi adalah komentar Cheng yang menyebut siap menjadi budak Jepang andai negara Matahari Terbit itu berperang melawan Tiongkok.

Bukan hanya itu, komentar-komentar Cheng yang berbau pedofilia, pelecehan seksual dan penyiksaan terhadap binatang, termasuk unggahan di 2012 yang menyerukan ‘Silakan perkosa dia’ pada sebuah foto wanita yang tidak dikenal.

Tentu di negeri ketat seperti Tiongkok, komentar-komentar Cheng Jiake ini melanggar kode etik dalam penggunaan internet sehingga terancam melanggar hukum.

Sebagai contoh, pekan lalu seorang pengguna internet dikenai denda Rp 1 juta dan kurungan 10 hari karena menghina seorang ilmuwan nuklir di Weibo.

News Feed