by

Premier League Akan Menggunakan VAR Musim Depan

Premier League Akan Menggunakan VAR Musim Depan

BeritaJunior – Klub-klub Premier League kelihatannya telah sadar jika kedatangan Video Assistant Referee (VAR) memang dibutuhkan. Oleh karena itu, mereka sama-sama setuju dengan ketetapan pihak penyelenggara Liga untuk mendatangkan tehnologi pembantu tersebut. Premier League Akan Menggunakan VAR Musim Depan

Premier League Akan Menggunakan VAR Musim Depan

VAR mulai mengundang perhatian pengagum sepak bola dari semua dunia saat digunakan di Serie dan Bundesliga pada musim lalu. Pamornya makin melesat sesudah FIFA akan memutuskan untuk menggunakannya pada arena Piala Dunia 2018 tempo hari.

Pada musim ini sendiri, VAR juga dikenalkan di La Liga dan Ligue 1. Cuma Premier League serta Liga Champions yang sudah sempat bersikukuh jika tehnologi tersebut masih miliki banyak kekurangan, walaupun ujung-ujungnya ikut sepakat menggunakannya.

Sebetulnya, wawasan masalah penyediaan tehnologi pembantu wasit itu pernah diangkat pada bulan April lalu. Akan tetapi, beberapa klub masih belumlah setuju untuk mengadakan VAR pada musim 2018-2019 ini.

Perihal itu membuat Arsene Wenger, saat masih melatih Arsenal, tidak tahan melayangkan kritik tajam. Dia memandang Premier League masih terlalu kolot dalam membuat ketetapan, lebih dengan persoalan VAR ini.

“Pada saat ini, saya dapat katakan Premier League begitu kolot dalam pembuatan ketetapan,” papar Wenger saat itu, diambil dari Goal. “Anda dapat memandangnya dengan VAR, dan dapat memandangnya ikut sambil berdiri,” pungkasnya.

Walau tidak digunakan Premier League, akan tetapi itu bukan bermakna tehnologi tersebut betul-betul tidak ada di Inggris. Untuk musim ini, VAR telah mulai digunakan untuk dua pertandingan domestik yang lain, yaitu FA Cup dan Carabao Cup.

Pihak FA (federasi sepak bola Inggris) juga kelihatannya bisa terima hadirnya. Serta dalam rapat pemilik saham yang diglar di hari Kamis (15/11) waktu ditempat, ketetapan pemakaian VAR di Premier League telah memperoleh kesepakatan.

“Club Premier League telah setuju untuk mendatangkan Video Assistant Referees (VAR) di pertandingan musim 2019/2020,” catat pengakuan resmi di situs resmi liga.

News Feed